Wa Kami Sekarang
Mencerahkan Warna Ikan Koi dengan Pemberian Pakan Color Enhancher

Mencerahkan Warna Ikan Koi dengan Pemberian Pakan Color Enhancher

Mencerahkan Warna Ikan Koi dengan Pemberian Pakan Color Enhancher­

Ikan koi yang tidak diberi pakan untuk meningkatkan kepadatan pigmen warna, maka ikan akan menjadi lebih pucat dan kurang indah. Koi yang semula memiliki kualitas bagus, bisa menurun kualitasnya jika pakan yang diberikan tidak menambahkan unsur penguat pigmen warna.

Di alam bebas, ikan koi mendapatkan pigmen warna dari makanan seperti ganggang, udang, siput, dan makanan yang lainnya.

Di kolam breeder, penambahan pigmen warna ikan koi diberikan pada makanan yang disebut makanan color enhancher.

Pesan Via WhatsApp

Hanya saja, perlu juga diperhatikan, jangan terlalu berlebihan memberiakan pakan yang mengandung color enhancher ini. Misalnya pada ikan koi jenis kohaku. Pemberian makanan yang mengandung color enhancher berlebihan membuat pigmen erythrin menjadi terlalu kuat, sehingga warna putih kohaku berubah menjadi warna merah muda. Justru ini tidak baik menurut standar koi kohaku.

Jika demikian, yaitu saat ikan koi kelebihan pakan yang mengandung color enhancher, maka pemberian pakan dapat dihentikan sampai warna koi pulih seperti semula.

Koi?

Jumlah chromathophores pada ikan koi cenderung konstan di sepanjang hidupnya, sehingga saat koi semakin besar, kepadatan pigmen warna ini dalam tubuhnya menjadi semakin berkurang akibat luas penampang tubuh ikan koi yang semakin besar. Hal ini menjadi wajar mengapa ikan koi yang sudah tua dan berukuran besar menjadi sedikit memudar ketajaman warnanya.

Telah kita jelaskan pada artikel terdahulu, mengenai jenis ikan koi, bahwa jenis sanke dan showa dapat mengalami perubahan warna seiring usianya. Hal ini juga terkait dengan jumlah chromatophores yang terdapat dalam sel kulitnya.

Sel chromatophores adalah sel bercabang. Sehingga pigmen warna dapat berpindah dan menyebar. Hal ini menyebabkan warna di pusat sel menjadi memudar dan pucat.

Itulah faktor utama yang menjadi penentu warna pada ikan koi. Chromatophores sendiri di pengaruhi oleh pakan, kualitas air, background color, ganggang koi, dan suhu.

Pakan ikan koi yang bertujuan mencerahkan dan mencemerlangkan warna ikan koi adalah pakan yang banyak mengandung zat karoten.

Pakan yang mengandung karoten adalah wortel, alga, ganggang spirulina, chlorella, semangga, sawi, kubis, cabai hijau, kepiting, udang-udangan, krill, trout, salmon, kutu air, jentik nyamuk, cacing rambut, cacing darah, dan lain-lain. Pakan tersebut dapat ditambahkan ke dalam pakan ikan koi selain untuk meningkatkan nutrisi protein ikan koi, juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk pigmen warna kulitnya.

Pesan Via WhatsApp

Cara membuat pakan untuk mencerahkan warna ikan koi dengan kerapas kepiting dan udang

  1. Pelet ikan koi direndam dalam air hangat selama kurang lebih 15 menit.
  2. Giling kulit udang dan karapas kepiting sampai halus.
  3. Pelet yang sudah lunak dicampur dengan kulit udang dan kerapas kepiting.
  4. Perbandingan pelet, kulit udang, dan karapas kepiting adalah 8:1:1.

Kulit udang dan karapas kepiting dapat juga dibuat pasta dengan cara mencampur gilingan halus tersebut dengan air dan kanji. Campuran bahan ini dapat dikukus dan disimpan untuk diberikan sebagai pakan ikan koi.

Pemberian pakan ini dapat dilakukan 2 kali sehari, pagi dan sore hari. Dengan dosis 1/40 dari berat koi. Ini sesuai dengan dosis dari dinas perikanan. Sebagai contoh, ikan koi dengan panjang 30 cm dapat diberikan 2 butir pasta seukuran biji kelereng setiap kali pemberian pakan.

Tidak hanya dalam bentuk pakan, pemberian nutrisi pencerah pigmen warna ikan koi dapat juga dilakukan dengan menambahkan obat-obatan dalam pakan ikan. Obat-obatan yang sering ditambahkan dalam pakan ikan diantaranya adalah:

  • serbuk cr-5
  • serbuk cr-6
  • astaxantine
  • spirulina powder

Dosis dan cara pakainya biasanya telah dijelaskan dalam petunjukkan produknya. Biasanya obat dilarutkan dalam air lalu dicampurkan dalam pelet pakan ikan koi, sesuai dosis/takaran yang diberikan.

Terimakasih semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *