Wa Kami Sekarang

Menambal Kolam yang Bocor Dengan Lapisan Kapur dan Tanah liat

Menambal Kolam yang bocor dengan Lapisan Kapur dan Tanah Liat

Menggunakan kapur untuk memperbaiki kolam yang bocor adalah metode lama. Ini adalah salah satu metode termurah yang bisa Anda adaptasi untuk membuat kolam Anda tahan air. Bahkan, lebih murah daripada menambal kolam dengan bentonit .

Metode menggunakan kapur untuk menambal kolam pada awalnya disebut lapisan tanah liat. Di sini lapisan kapur digunakan di bawah lapisan tanah liat. Secara keseluruhan mereka menutup dasar kolam dengan membuatnya kedap air.

Bagaimana Metode Ini Bekerja

Ilmu di balik metode ini sangat mudah. Air bocor dari kolam ketika partikel tanah besar. Oleh karena itu, jika kita dapat membuat lapisan kedap air yang kuat, kita dapat menghentikan kebocoran air.

Kapur adalah bahan pengikat. Ketika dicampur dengan tanah itu menciptakan beton kapur. Tidak tembus air. Sulit juga. Karena itu, cacing dan serangga lain tidak dapat menembus dengan mudah.

Lapisan tanah liat digunakan di atas kapur dan mencegah kapur dari paparan langsung air. Ini dilakukan karena jika air langsung terkena lapisan, lapisan itu akan rusak. Alkalinitas dan pH air juga akan meningkat hingga batas yang tak tertahankan.

Kapur mengikat dengan baik dengan partikel tanah liat dan butiran tanah besar. Ini memberi kolam segel yang baik dan aman.

Kolam bocor kapur

Kapur Yang Harus Anda Gunakan

Untuk memperbaiki kebocoran di kolam, Anda harus menggunakan Kapur Pertanian atau Kapur Cepat (Cao). Kapur pertanian dibuat dari batu kapur kalsium karbonat atau dolomit. Ini sudah tersedia di toko-toko lokal dan tidak ada batasan membeli dalam jumlah besar.

Prosedur Langkah demi Langkah Menambal Tambak Menggunakan Kapur

Pesan Via WhatsApp

Langkah 1: Siapkan Kolam

Jika kolam Anda memiliki air, tiriskan terlebih dahulu. Biarkan mengering selama beberapa hari agar tanah mencapai kadar air optimal.

Kemudian singkirkan semua kotoran dari dasar kolam dan perbaiki lubang yang ditemukan.

Untuk kolam baru dan lama, padatkan dasar kolam dengan baik. Ini akan menambah manfaat ekstra.

Langkah 2: Sebarkan Lime

Setelah itu, Anda sudah menyiapkan kolam, oleskan lapisan kapur cepat setebal 4 hingga 6 cm. Ketebalan lapisan akan meningkat jika Anda memiliki kerikil di dasar kolam. Pastikan Anda tidak meninggalkan tempat kosong.

Langkah 3: Tambahkan Layer Clay

Setelah kapur menutupi, Anda harus memberikan penutup tanah liat di atasnya. Gunakan tanah liat yang berat untuk tujuan ini karena hampir tidak tembus air dan menahan air dengan baik. Jika tidak tersedia di dekatnya, kumpulkan dari situs pinjam.

Lapisan tanah liat harus setebal 6 cm. Lebih banyak ketebalan diperlukan jika tanah liat ringan dan ternak memiliki akses ke kolam. Tanah liat harus dalam bentuk plastik untuk efektivitas maksimum. Kadar air kecil di tanah liat diperlukan untuk aksi mengikat kapur.

Langkah 4: Terakhir berikan pemadatan yang bagus

Setelah Anda sepenuhnya menutupi jeruk nipis dengan lapisan tanah liat, sekarang saatnya untuk memadatkan kedua lapisan tersebut. Kompak dengan hati-hati. Anda perlu pemadatan moderat. Pemadatan tinggi dapat menggantikan lapisan. Sekali lagi jika Anda memiliki pemadatan yang sangat longgar, lapisan dapat rusak dalam waktu dekat.

Perhatian

  • Sebarkan kapur saat tanah dasar tambak sepenuhnya jenuh dengan air (tanah memiliki kelembaban yang cukup untuk menghidrasi kapur). Jika mungkin tutupi kolam dengan lembaran plastik untuk menahan kelembaban selama periode pengikatan.
  • Setelah menyelesaikan pekerjaan pemeteraian, jangan langsung menambahkan air. Berikan jeruk nipis beberapa waktu untuk memulai tindakan mengikat.
  • Saat Anda menambahkan air, tambahkan dengan lembut karena aliran turbulen dapat merusak lapisan.
  • Jangan pernah mengeringkan kolam Anda sepenuhnya setelah Anda menyegel kolam Anda dengan kapur. Karena pengeringan akan membuat retakan besar pada lapisan. Setelah retak terjadi, lapisan akan kehilangan kapasitas penahan airnya.

Memperbaiki Tembok atau Bendungan Tambak Earthen yang Menggunakan Lime

Anda juga bisa memperbaiki dinding kolam atau bendungan yang bocor menggunakan kapur. Mekanisme kerja metode ini sama seperti di atas. Campur kapur cepat dengan tanah dan beri pemadatan yang baik. Pastikan Anda memiliki cukup kelembaban di tanah untuk hidrasi dan pengikatan. Kolam Bojor Kapur

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *