Wa Kami Sekarang
Ikan Koi Doitsu Keren!

Ikan Koi Doitsu Keren!

lateral ikan dan di bagian belakang ikan. Juga, kadang-kadang timbangan berukuran lebih menutupi tubuh, dalam hal ini mereka dikenal sebagai “timbangan baju besi” karena mereka menyerupai pelapisan logam.

Anda akan melihat saya menyebutnya “variasi” daripada “variasi”. Karena, jenis skala dapat diterapkan pada sembarang varietas koi yang ada. Bayangkan favorit Anda — kohaku, shiro utsuri, showa — dan kemudian ketahuilah bahwa jika Anda melihatnya tanpa sisik, maka itu adalah:

Pesan Via WhatsApp

Doitsu kohaku

Doitsu Shiro utsuri

Doitsu showa

Versi skala ikan mas dan cermin umum di bawahnya (yaitu mutasi asli yang mengarah ke doitsu koi).
Versi skala ikan mas dan cermin umum (yaitu mutasi asli yang mengarah ke doitsu koi).

Ada beberapa, tentu saja, beberapa pengecualian pada konvensi penamaan itu, tetapi saya akan membahas lebih jauh dalam artikel tersebut karena berkaitan dengan sejarah doitsu koi.

Sejarah Koi Dan Makna Doitsu

Sebelum saya masuk ke makna kata doitsu dalam kaitannya dengan koi, yang terbaik adalah meletakkan dasar pengetahuan yang kuat tentang sejarah koi.

Apa itu Koi?

Koi adalah bentuk ikan mas peliharaan, dibesarkan khusus untuk mutasi berwarna cerah. Selama bertahun-tahun, dipercayai bahwa koi dibiakkan dari sub spesies ikan mas yang dijinakkan di Asia Timur (Cyprinus carpio). Tapi, tes DNA telah mengungkapkan bahwa ikan koi berasal dari spesies penuh sendiri, ikan mas Amur (Cyprinus rubrofuscus).

Ikan mas biasa
Ikan mas biasa populer di kalangan penggemar memancing.
Koi Apakah Terkenal Jepang, Benar?

Itu benar, benar! Namun, catatan pertama dari Amur ikan mas yang dibiakkan untuk warna keluar dari China selama Dinasti Tang (yang berlangsung dari 7 th ke 10 thabad).

Tapi, koi yang kita kagumi saat ini memiliki, secara relatif, asal yang jauh lebih modern.

Koi seperti yang kita tahu mereka pertama kali dibiakkan di Niigata, Jepang pada 1820-an. Tidak sampai 1914 bahwa dunia luar menjadi sadar akan mereka karena Ekspo Taisho 1914 di Tokyo.

Jadi Apa Arti Doitsu Dalam Konteks Sejarah Koi?

Sederhananya, doitsu berarti Jerman dalam bahasa Jepang. Itu berasal dari kata bahasa Jerman sendiri untuk “Deutsche” Jerman. Jadi, ketika Anda membawa kata “Deutsche” ke dalam bahasa Jepang, Anda dapat … Doitsu!

Apa Hubungan Orang Jerman dengan Koi?

Jerman memelihara ikan gurame dengan cara yang persis sama dengan orang Cina dan Jepang menjinakkan mereka: untuk makanan. Meskipun demikian, orang Eropa akan memelihara C. carpio dan Asia Timur C. rubrofuscus.

Jadi Jerman juga memelihara ikan mas berwarna-warni? Tidak persis…

Sementara paralel ada antara domestikasi spesies ikan mas Asia dan Eropa, Jerman tidak secara selektif membiakkan untuk mutasi warna cerah.

Sebaliknya, Jerman berkembang biak untuk kemudahan makan! Mutasi tanpa bulu muncul di stok ikan mas domestik mereka. Oleh karena itu, para pembudidaya ikan Jerman menyadari bahwa ikan tanpa kulit tidak memerlukan kerak, dan karenanya, akan lebih mudah untuk menyiapkan dan makan.

Jadi, ikan mas Jerman / Deutsche / Doitsu lahir!

Oke, Jadi Jerman Punya Ikan Yang Kusam Tapi Tanpa Scaleless! Kapan Mereka Menjangkau Jepang?

Ikan mas yang tak punya tulang dibawa ke Jepang sebagai ikan makanan pada awal abad ke- 20 . Pada tahun 1912, Kichigoro Akiyama, seorang guru di Tokyo Fisheries College, mengambil langkah monumental itu dan melintasi ikan gurame Jerman dengan ikan gurame berwarna Jepang

Apa Varietas Pertama Dari Doitsu Koi?

Anda mungkin bertanya-tanya varietas apa yang dia putuskan untuk digunakan.

Kichigoro Akiyama menggunakan asagi dan dalam melakukannya menciptakan shusui! Jadi, shusui adalah varietas doitsu pertama dari nishikigoi (bahasa Jepang untuk koi). Ini menurut saya pilihan puitis. Tetapi, ketika Anda mendengar apa artinya “shusui”, Anda akan memahami puisi lengkap yang diabadikan dalam varietas dan namanya.

Shusui, doitsu berbagai ikan koi
Shusui adalah jenis doitsu koi yang indah.

Shusui berarti “langit musim gugur biru”.

Dan shusui, tentu saja, adalah contoh dari salah satu pengecualian pada konvensi penamaan yang saya sebutkan dalam pengantar bagian ini.

Setelah itu, peternak koi telah membuat versi doitsu dari hampir semua jenis koi!

doitsu showa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *