Wa Kami Sekarang
Bisakah Perubahan Air Besar-besaran Membunuh Ikan?

Bisakah Perubahan Air Besar-besaran Membunuh Ikan?

Perubahan air parsial egular direkomendasikan untuk ikan akuarium Anda, tetapi perubahan air besar-besaran dapat menyebabkan masalah.1 Ada mitos dan kesalahpahaman tentang mengapa hal ini menyebabkan masalah.

Kisah celaka yang khas adalah pemilik akuarium yang tidak melakukan penggantian air parsial sejak ia memasang tangki setahun yang lalu. Ketika seorang teman melihat kerikil agak kotor, pemiliknya mengetahui bahwa dia seharusnya mengganti air dan membersihkan saringannya. Dia segera melakukan pergantian air besar-besaran, menyedot kerikil secara menyeluruh, dan mengganti media filter.

Pesan Via WhatsApp

Semuanya tampak murni, tetapi keesokan harinya ketika dia menemukan bahwa setengah ikannya sudah mati. Dalam beberapa minggu berikutnya, ikan yang tersisa mati, meskipun dia dengan panik melakukan beberapa penggantian air. Dia memberi tahu orang-orang bahwa mengganti air membunuh ikannya dan tidak aman, meskipun banyak ahli mengatakan secara berbeda.

Apa yang salah?

Apakah perubahan air membunuh ikan? Jawabannya adalah ya, tetapi bukan karena perubahan air pada dasarnya buruk. Penyebabnya lebih kompleks dari itu. Seiring waktu, produk sampingan dari kotoran ikan, partikel makanan yang tidak dimakan, daun-daun mati dari tumbuhan, dll., Mengubah sifat kimiawi air. Karena ikan hidup di air, dan perubahan terjadi secara perlahan, mereka menyesuaikan diri.

Ketika terjadi perubahan air yang besar secara tiba-tiba, hal itu menyebabkan perubahan drastis pada susunan air sehingga ikan sering kali tidak dapat mentolerirnya dan mereka mati.2 Ikan yang tidak langsung mati menjadi stres dan bisa mati karena penyakit pada waktu berikutnya. beberapa minggu atau bulan. Secara alami, pemilik mengira bahwa pergantian air adalah penyebabnya, dan karenanya, ide yang buruk.

Haruskah Air Diubah?

Jika mengganti air berpotensi membunuh ikan, mengapa air berubah sama sekali? Jawabannya adalah bahwa penggantian air secara teratur penting untuk kesehatan ikan Anda dalam jangka panjang. Limbah terlarut dalam air, yang tidak terlihat dengan mata telanjang, tidak akan langsung membunuh ikan, tetapi stres mengurangi kekebalan mereka terhadap penyakit.

Ikan lebih sering terkena bakteri, virus, dan parasit daripada yang disadari pemiliknya. Ikan dengan daya tahan tubuh yang kuat akan jarang jatuh sakit meskipun terkena penyakit. Sebaliknya, ikan yang sakit biasanya mengalami stres akibat kondisi air yang buruk dan / atau pola makan yang tidak tepat.

Bahkan ikan yang tidak menjadi mangsa penyakit bisa terpengaruh dengan cara lain. Nitrat yang meningkat diketahui memengaruhi pertumbuhan ikan, serta kemampuannya untuk bereproduksi. Ikan muda sangat sensitif terhadap kondisi air yang buruk. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ikan adalah dengan mengganti air secara teratur.

Bagaimana Memulai Melakukan Perubahan Air

Jika Anda tidak mengganti air selama berbulan-bulan, atau mungkin bertahun-tahun, tidak bijaksana untuk membuat perubahan besar secara tiba-tiba. Namun, Anda tetap harus mulai mengganti air secara teratur.2 Mulailah dari yang kecil, ganti kurang dari 5 persen dari total volume air. Tunggu seminggu, dan lakukan penggantian air kecil yang serupa. Lanjutkan proses ini selama beberapa bulan, setiap kali peningkatan persentase air berubah sedikit. Ini akan membuat ikan Anda mengalami perubahan kimiawi air yang lambat, yang dapat mereka adaptasi tanpa membahayakan.

Anda akan menemukan bahwa ketika Anda terbiasa dengan rutinitas penggantian air, dibutuhkan semakin sedikit waktu untuk menyelesaikannya. Ini menghabiskan waktu dengan baik, karena air bersih adalah kunci untuk menjaga kesehatan ikan dan meningkatkan umur mereka. Ingatlah bahwa lain kali seseorang memberi tahu Anda bahwa perubahan air adalah pembunuh ikan. Perubahan Air Ikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *