Wa Kami Sekarang

Bingung Atur pH Aquarium Kamu?

atur pH. Kecuali jika Anda mencoba membiakkan ikan yang sensitif atau ditangkap secara liar dari lingkungan dengan pH sangat rendah atau tinggi, sebaiknya jangan mencoba mengubah pH akuarium Anda. Kebanyakan ikan akan beradaptasi selama kualitas air bagus dan pH stabil. Jika ikan Anda berkembang biak dan tidak menunjukkan tanda-tanda stres, tidak ada alasan untuk mengubah pH akuarium.

Ini Caranya Menyiapkan Akuarium Ikan Idaman untuk Pemula!

Pesan Via WhatsApp

Cara mengatur pH:

Bagaimana jika air keran Anda terlalu tinggi atau rendah? Atau mungkin masih dalam jangkauan, tetapi Anda ingin memelihara atau bahkan membiakkan ikan tangkapan liar yang berasal dari habitat ekstrim? Toko akuarium menjual produk yang mengubah pH, ​​tetapi ini harus dihindari sama sekali atau digunakan dengan sangat hati-hati oleh aquarist berpengalaman untuk menghindari perubahan pH drastis yang tiba-tiba. Beberapa produk, terutama pengatur pH cair, seringkali hanya memiliki efek sementara dan pH segera bergeser kembali ke nilai aslinya, sehingga perlu untuk terus menambahkan lebih banyak. Roller coaster pH yang dihasilkan ini sangat menegangkan bagi makhluk air.

Jika Anda memutuskan untuk menyesuaikan pH di akuarium Anda, lakukan SEBELUM memperkenalkan ikan atau hewan ternak lainnya dan uji secara teratur untuk memastikannya tetap stabil. Jika Anda sudah memiliki ikan atau makhluk lain di akuarium Anda, jangan pernah membuat perubahan tiba-tiba atau drastis pada pH atau parameter air lainnya. Di bawah ini adalah beberapa metode alami untuk menyesuaikan pH yang lebih tahan lama dan lebih stabil dari waktu ke waktu.

Pesan Via WhatsApp

Cara Menurunkan pH?

• Gunakan air reverse osmosis (RO) atau deionisasi (DI) untuk menciptakan pH yang diinginkan dan menyediakan buffering. Selalu siapkan air dan uji pH sebelum menambahkannya ke akuarium Anda.
• Hiasi akuarium Anda dengan kayu apung alami. Tanin yang dilepaskan oleh kayu apung dapat membantu menurunkan pH, tetapi perlu diingat bahwa dibutuhkan cukup banyak kayu apung untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Satu atau dua potongan kecil tidak akan banyak berguna, terutama di akuarium besar atau akuarium dengan kapasitas penyangga yang kuat.
• Tambahkan lumut gambut atau pelet gambut ke filter Anda. Seperti kayu apung, lumut gambut mengandung tanin yang menurunkan pH. Gunakan kantong media jaring untuk menjaganya tetap tertampung dan gunakan hanya produk gambut yang dirancang untuk akuarium. Isi ulang sesuai kebutuhan untuk mempertahankan pH yang diinginkan.

Bagaimana meningkatkan pH di akuarium?

• Gunakan air reverse osmosis (RO) atau deionisasi (DI) untuk menciptakan pH dan buffering yang diinginkan. Selalu siapkan air dan uji pH sebelum menambahkannya ke akuarium Anda.
• Gunakan kerikil atau kerikil dolomit yang dihancurkan sebagai substrat. Kerikil berbasis kalsium karbonat ini perlahan larut seiring waktu, meningkatkan dan menahan pH.
• Hiasi akuarium Anda dengan batu kapur atau batu karang. Seperti kayu apung untuk menurunkan pH, gunakan batuan kalsium karbonat dalam jumlah yang sehat untuk menciptakan efek yang diinginkan.
• Isi kantong media jaring dengan kerikil atau kerikil dolomit yang dihancurkan dan letakkan di filter Anda. Atur pH

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *