Wa Kami Sekarang

Apakah Harus Mengkarantina Ikan Koi Baru Beli?

Mengkarantina Ikan Koi. Siapa pun yang telah merawat atau memiliki koi untuk jangka waktu yang lama harus mengisolasi ikan mereka karena satu dan lain hal. Kadang-kadang perlu untuk mengeluarkan ikan Anda untuk membersihkan kolam mereka atau mungkin ada tanda-tanda penyakit yang ingin Anda cegah penyebarannya lebih lanjut – apapun alasannya, memiliki tangki karantina merupakan komponen penting dari “sistem” kolam koi Anda. Karantina adalah cara yang bagus untuk mengisolasi ikan Anda pada saat stres atau saat Anda ingin mengontrol pasangan pembiakan yang ingin Anda cocokkan. Tentu saja, salah satu alasan utama memiliki akuarium karantina adalah untuk situasi di mana Anda mencurigai ikan Anda sakit tetapi satu hal yang diabaikan oleh beberapa pemilik koi adalah menggunakannya untuk ikan yang baru tiba dan tampak sehat.

Pesan Via WhatsApp

Jenis Tangki Karantina

Bagi beberapa orang, hanya tangki karantina berbentuk kaca yang lebih kecil yang diperlukan saat koi masih kecil. Nantinya, bila koi Anda tumbuh terlalu besar untuk akuarium kaca, wadah yang biasa digunakan adalah bak fiberglass atau bak Rubbermaid. Ini bagus karena biayanya, bobotnya yang rendah, dan keserbagunaan. Bak fiberglass dan Rubbermaid dapat ditemukan di banyak pengecer berbeda tetapi mungkin sumber yang paling nyaman adalah persediaan pertanian dan toko pakan. Jika mereka tidak memiliki ukuran yang Anda butuhkan, mereka dapat menemukannya dan memesannya untuk Anda.

Harus ada untuk Tangki Karantina Anda

Salah satu pertanyaan terbesar yang akan dimiliki pemilik kolam koi ketika mempertimbangkan untuk menyiapkan tangki karantina adalah: “seberapa besar ukurannya”? Untuk menjawabnya, pertama-tama Anda perlu mempertimbangkan seberapa besar ikan Anda saat ini dan jelas seberapa besar mereka nantinya. Itu selalu mudah untuk membuat rencana ke depan ketika ikan Anda menjadi lebih tua dan lebih besar (yaitu ketika Anda benar-benar ingin memastikan tangki karantina melakukan tugasnya).

Sebagai aturan praktis, jika ikan Anda berada dalam kisaran 10-11 ″ (3,9-4,3 cm), carilah tangki karantina yang berukuran setidaknya 757 liter (200 galon). Tangki karantina Anda harus memiliki filtrasi biologis. Ada beberapa pemilik tambak yang tidak memikirkan hal ini karena sering tidak memelihara ikannya cukup lama di karantina sehingga mungkin hanya diberi aerasi. Untuk melakukannya dengan benar, masa karantina harus minimal 3 minggu tetapi sebulan penuh lebih baik. Seperti disebutkan, memiliki banyak aerasi sangat penting untuk membuat ikan Anda senang selama masa karantina. Selain aerasi, Anda perlu menjaga tangki dari sinar matahari langsung.

Pesan Via WhatsApp

Seperti halnya kolam utama Anda, Anda menyediakan sarana naungan melalui kanopi pohon atau tanaman air sehingga karantina Anda juga perlu memiliki naungan. Terakhir, Anda harus secara efektif mencegah ikan agar tidak ketakutan dan melompat keluar. Ini dilakukan dengan layar berbingkai sederhana yang pas di atas tangki Anda. Tidak hanya akan mencegah ikan melompat keluar tetapi juga akan mencegah predator seperti rakun dan bangau memangsa ikan Anda yang sedang pulih. Hal lain yang bagus untuk disediakan untuk ikan Anda adalah sesuatu yang disembunyikan di dalam atau di dekat tangki karantina Anda seperti pipa PVC besar atau yang serupa.

Mentransfer dan Memelihara Koi

Setiap kali Anda membawa pulang ikan baru dari pembudidaya atau perlu memindahkan ikan dari kolam utama ke tangki karantina. Penting bagi Anda untuk memastikan ikan telah menyesuaikan dengan suhu air yang baru. Sering kali koi kecil yang Anda beli berada di dalam kantong bening, jadi cukup letakkan kantong di permukaan tangki dan biarkan air di dalam kantong cocok dengan tangki sudah cukup. Bagaimanapun Anda memilih untuk membuat penyesuaian, pastikan itu dilakukan secara bertahap. Anda tidak ingin membahayakan ikan sakit yang Anda coba selamatkan.

Setelah ikan dipindahkan, Anda harus menunggu setidaknya sehari sebelum mencoba memberi makan ikan Anda. Seringkali karena stres karena ikan bergerak tidak mau makan selama satu atau dua hari.

Berapa lama Anda harus memelihara dan merawat koi Anda di karantina?

Perawatannya, tergantung dari apa, sebenarnya mungkin hanya satu hari. Tetapi bukan berarti ikan Anda sudah siap untuk kembali ke kolam utama. Anda harus memastikan bahwa ikan baik-baik saja dan tidak menunjukkan tanda penyakit apapun. Sehingga Anda disarankan untuk tetap mengarantina ikan selama 3 hingga 4 minggu. Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik koi adalah mengambil ikan yang baru dibeli dan langsung memasukkannya ke dalam kolam. Meskipun kelihatannya sehat. Mungkin juga terdapat beberapa parasit sehat yang ingin memiliki akses ke kolam besar yang penuh dengan koi yang tidak menaruh curiga. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk mengkarantina sesuatu yang baru selama 3-4 minggu. Dan memperhatikan tanda-tanda penyakit atau parasit (dan periode lebih dari 4 minggu tidak pernah terdengar untuk jenis infestasi parasit tertentu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *