Wa Kami Sekarang
6 Penyakit Ikan Air Tawar Paling Umum!

6 Penyakit Ikan Air Tawar Paling Umum!

Penyakit Ikan Tawar. Waspadai enam penyakit air tawar yang umum ini.

Kunci untuk menjaga ikan akuarium Anda bahagia dan sehat adalah dengan menjaga kualitas air yang tinggi di dalam akuarium Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan terus mengikuti tugas pemeliharaan rutin seperti penggantian air dan pengujian air. Meskipun Anda melakukan yang terbaik untuk menjaga kebersihan akuarium, masih ada kemungkinan ikan Anda sakit. Bersiaplah – pelajari cara mengidentifikasi dan mengobati penyakit ikan air tawar yang umum sehingga Anda tahu cara menangani situasi jika muncul.

Pesan Via WhatsApp

Enam Penyakit Ikan Air Tawar Paling Umum

Penyakit ikan akuarium memiliki berbagai bentuk dan beberapa lebih umum daripada yang lain. Berikut enam penyakit ikan air tawar paling umum yang akan Anda temui:

Ich: Nama resmi penyakit ini adalah Ichthyophtirius, setelah parasit putih kecil yang bertanggung jawab atas infeksi. Mereka muncul sebagai titik putih kecil pada sirip, insang, dan tubuh ikan yang terinfeksi. Penyakit ini sangat menular dan umumnya disebabkan atau diperburuk oleh kualitas air yang buruk. Langkah pertama dalam pengobatan adalah meningkatkan kualitas air, kemudian Anda dapat memberi dosis pada akuarium Anda dengan obat yang dibeli di toko atau garam akuarium untuk membunuh parasit.
Terkait: Ich atau Penyakit Bintik Putih: Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Busuk sirip:

Ini adalah penyakit bakteri yang dapat menggerogoti sirip ikan Anda jika disimpan dalam kondisi yang terlalu padat atau tidak sehat. Obat antibiotik atau pakan obat dapat digunakan untuk mengatasi kondisi ini, meskipun mengurangi stres dan meningkatkan kualitas air lebih penting untuk mengatasi masalah khusus ini.
Keracunan Amonia: Kondisi ini terjadi ketika kadar amonia di tangki Anda naik terlalu tinggi, biasanya karena bakteri menguntungkan yang tidak mencukupi. Ikan dengan keracunan amonia mengembangkan insang merah dan meradang dan mereka dapat diamati terengah-engah di permukaan tangki untuk mencari udara. Perawatan terbaik untuk kondisi ini adalah dengan meningkatkan kualitas air dengan menggunakan gravel vacuum untuk melakukan penggantian air 50% hingga 60% volume tangki Anda.
Anchor Worm: Ini adalah penyakit parasit lain yang disebabkan oleh benang merah kecil seperti cacing (cacing) yang keluar dari tubuh ikan yang terinfeksi. Ikan dengan cacing jangkar sering terlihat menggaruk-garuk tubuh mereka di permukaan tangki. Pilihan pengobatan termasuk obat antiparasit seperti Formalin atau Clout.

Cacing:

Cacing adalah cacing pipih kecil yang ditemukan di sebagian besar akuarium, tetapi cacing tersebut tidak akan menjadi masalah sampai kondisi air menurun dan ikan menjadi stres. Gejala berupa ikan menggaruk permukaan akuarium, insang bergerak cepat, kemerahan, dan pucat. Kondisi ini dapat diobati dengan obat antiparasit dan perbaikan kualitas air.

Pesan Via WhatsApp

Dropsy: Dropsy sebenarnya adalah tanda penyakit dan bukan penyakit itu sendiri. Kondisi ini terjadi ketika tubuh ikan yang terinfeksi menjadi kembung akibat penumpukan cairan akibat infeksi ginjal. Perbaikan kualitas air adalah kunci untuk mengobati penyakit ini, dan obat antibiotik juga dapat membantu.
Jika Anda serius ingin menjaga ikan akuarium Anda dalam kondisi terbaiknya, pastikan meluangkan waktu untuk mempelajari penyakit ikan air tawar yang paling mungkin menyerang akuarium Anda. Semakin banyak Anda tahu, semakin siap Anda jika ikan Anda sakit, dan semakin cepat Anda dapat memberi mereka perawatan yang mereka butuhkan untuk pulih sepenuhnya. Penyakit Ikan Tawar

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *